Twitter Facebook Delicious Digg Stumbleupon Favorites More
Selamat datang di situs saya semoga kalian bisa mendapatkan informasi dari blog ini.

Monday, March 2, 2020

Keuntungan Reksadana Pendapatan Tetap dan Resiko yang Dimilikinya


Reksadana merupakan salah satu wadah yang bisa menghimpun dana yang diberikan oleh investor. Dana yang telah terkumpul nantinya akan disalurkan oleh manajer investasi pada beberapa instrumen investasi yang menguntungkan seperti investasi saham, obligasi, ataupun deposito. Reksadana ini sangat tepat untuk investor yang memiliki modal sedikit dan juga investor yang tak punya banyak waktu serta keahlian yang cukup untuk menghitung resiko dari investasi yang mereka lakukan. Secara umum reksadana ini terbagi menjadi empat jenis, yaitu reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana campuran, serta reksadana saham.

Keuntungan Reksadana Pendapatan Tetap dan Resiko yang Dimilikinya

Dari empat jenis reksadana tersebut, banyak orang yang memilih reksadana pendapatan tetap sebagai wadah untuk menghimpun dana yang diinvestasikannya. Jenis reksadana yang satu ini nantinya akan menginvestasikan setidaknya 80% dari asset yang ada pada bentuk obligasi. Obligasi atau surat utang ini umumnya diterbitkan atau dikeluarkan oleh sebuah perusahaan korporasi ataupun lembaga obligasi pemerintah. Tujuan dari reksadana pendapatan tetap ini adalah untuk bisa menghasilkan nilai pengembalian dengan tingkat yang stabil sehingga keuntungan redaksana dapat dirasakan oleh para investor.

Resiko yang dimiliki oleh reksadana pendapatan tetap ini sedikit lebih tinggi apabila dibandingkan dengan reksadana pasar uang. Akan tetapi jenis reksadana yang satu ini lebih moderat jika dibandingkan dengan reksadana saham sehingga sangat cocok untuk anda yang ingin melakukan investasi dalam jangka waktu 1 hingga 3 tahun lamanya. Anda tak perlu mengkhawatirkan jumlah yang dimiliki oleh investasi reksadana pendapatan tetap ini. Pasalnya jenis reksadana yang satu ini memiliki nilai pengembalian yang cukup stabil. Hal tersebut dikarenakan jenis investasi ini memiliki aset berupa surat utang atau obligasi yang bisa memberikan keuntungan kepada anda dalam bentuk kupon yang bisa dirasakan secara rutin.

Melalui reksadana para investor yang baru berkecimpung di dunia inipun bisa merasakan sejumlah keuntungan yang menggiurkan di pasar modal. Seperti melakukan investasi di pasar saham, dalam hal ini para investor setidaknya memiliki pemahaman yang mendasar seputar instrumen investasi yang akan dipilih. Meski ada manajer investasi yang mengurus semuanya, tapi anda harus mengetahui dasar-dasarnya agar tidak terlalu bingung ketika menentukan investasi yang akan dipilih.

Dengan melakukan investasi di reksadana inipun para investor tak perlu lagi susah-susah memantau kinerja dari investasi yang dilakukan. Pasalnya hal-hal teknis seperti itu semuanya sudah ditangani oleh seorang manajer investasi profesional yang memiliki banyak pengalaman dalam pengelolaan dana investasi. Sama seperti jenis investasi lainnya, reksadana pendapatan tetap pun memiliki resiko yang selalu membayanginya. Pasalnya reksadana ini sangat dipengaruhi oleh naik turunnya harga efek saham, obligasi ataupun surat berharga lainnya. Namun anda tak perlu merasa khawatir karena reksadana pendapatan tetap ini resikonya relatif lebih rendah daripada reksadana saham.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Copyright © eip-news.com | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com & Distributed By Protemplateslab